Penelitian ini dilakukan dengan tujuan ntuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis surat resmi pada siswa kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate dengan menggunakan metode pembelajaran STAD. Desain penelitian adalah penelitian tindakan (Classroom Action Research) dengan instrumen yang digunakan adalah angket, soal tes, wawancara, lembar observasi guru dan siswa. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Student Team – Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran menulis surat resmi. Dari hasil penelitian ini data yang diperoleh adalah kemampuan menulis surat resmi siswa pada siklus I menunjukkan dari 18 siswa, yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar sebanyak 22%, sedangkan siswa yang belum tuntas sebanyak 78%. Kemudian dilanjutkan dengan siklus II dengan perolehan peningkatan data kemampuan menulis surat resmi mencapai ketuntasan sebanyak 67%, sedangkan yang belum tuntas sebanyak 33%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model STAD dapat meningkatkan kemampuan menulis surat resmi kelas VII-4 SMP Negeri 2 Kota Ternate pada materi menulis surat resmi.
Copyrights © 2020