Penelitian ini bermaksud mengetahui implementasi integrasi penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris, dan mengetahui peningkatan kompetensi kepribadian mahasiswa melalui integrasi pendidikan karakter. Peneliti mengintegrasikan nilai-nilai utama karakter di dalam pembelajaran bahasa Inggris pada mahasiswa semester 2 program studi pendidikan bahasa Inggris Universitas Khairun dalam menunjukan perilaku sebagai sumber data penelitian. Instrumen yang digunakan oleh penulis adalah dalam bentuk observasi dan tes. Data dalam penelitian ini terutama dikumpulkan melalui penggunaan pre-test, observasi, kuesioner, dan post-test. Setelah data dikumpulkan, peneliti menganalisis berdasarkan empat poin; berahlak mulia dan dapat menjadi teladan, dewasa, arif, dan kepribadian mantap dan stabil. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan integrasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Inggris melalui tiga jenis kegiatan; kegiatan awal, kegiantan inti dan kegiatan ahir dapat meningkatkan kompetensi kepribadian mahasiswa. Rata-rata dari hasil pre-test adalah 60.1 dan rata-rata dari hasil post-test adalah 70,1.
Copyrights © 2021