Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 1 No 1 (2021): Edisi Januari 2021

Model Pembelajaran Problem Solving Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi

Ayu Ashari (Universitas Halu Oleo)
Ramly (Universitas Halu Oleo)
Jafar Ahiri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas XII SMA Negeri 01 Bombana. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 29 orang Dikelas XII IPS 2 SMA Negeri 01 Bombana. Teknik pengumpulan data didalam penelitian ini adalah dengan melaksanakan tes dan melakukan observasi aktivitas guru serta observasi aktivitas siswa pada setiap siklus, dokumentasi dan wawancara. Analisis data dalam penelitian adalah secara deskriptif kuantitatif. Hasil dari penerapan model pembelajaran problem solving yaitu dilihat dari faktor guru menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan tindakan siklus I terdapat beberapa aspek dari efektivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa, Presentase ketuntasan pada siklus I belum mencapai KKM. Maka dilanjutkan pada siklus II, Pada siklus II semua aspek yang di observasi terlaksana dengan baik sehingga hal ini menunjukkan bahwa efektivitas mengajar guru dan aktivitas siswa menunjukkan perkembangan yang signifikan dan keaktifan siswa jauh sudah meningkat dari siklus I ke siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran Akuntansi dengan model pembelajaran problem solving berjalan dengan baik.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...