Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 2 No 1 (2022): Edisi Januari 2022

Kontribusi Dana Alokasi Umum (DAU) Dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Terhadap Belanja Daerah

Ummi Kalsum (Universitas Halu Oleo)
Murni Nia (Universitas Halu Oleo)
Asriyani Mulia Basri (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui cara mendeskripsikan kontribusi DAU terhadap Belanja Daerah pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kendari; 2) Untuk mengetahui cara mendeskripsikan kontribusi PAD dapat memprediksi Belanja Daerah pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara observasi dokumentansi berdasarkan analisis data diskriptif atau kualitatif karena dalam penelitian ini data yang dikumpulkan, disusun, dianalisis, dan diinterpretasikan dengan cara mendeskripsikan hasil Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kuantitatif berupa data rasio baik untuk variabel indepanden (DAU dan PAD) maupun untuk variabel dependen (Belanja Daerah). Hasil penelitian ini (1) kontribusi Dana Alokasi Umum terhadap Belanja Daerah pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kendari selama periode tahun 2016 – 2020, lebih besar dalam memberikan kontribusi untuk program kegiatan Belanja Daerah walaupun belum sepenuhn ya maksimal dan berubah-ubah (2) kontribusi Pendapatan Asli Daerah terhadap Belanja Daerah pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Kendari selama 5 tahun mengalami ketidak stabilan hal itu mempengaruhi persentase dari jumlah kontribusi untuk Belanja Daerah,

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...