Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi
Vol 2 No 3 (2022): Edisi September 2022

Perbedaan Hasil Belajar Praktikum Akuntansi Lembaga/Instansi Pemerintah Siswa Yang Diajar Dengan Model Discovery Learning Dan Problem Based Learning

Evita Sari (Universitas Halu Oleo)
Jafar Ahiri (Universitas Halu Oleo)
Nanik Hindaryatiningsih (Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan perbedaan hasil belajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah antara siswa yang diajar dengan model discovery learning dan siswa yang diajar dengan model problem based learning (PBL) pada jurusan akuntansi SMKN 1 Unaaha. Jenis penelitian quasi eksperimental design (ekperimen semu) bentuk nonequivalent control group design. Sampel penelitian menggunakan 2 kelas yang dipilih dengan teknik simple random sampling untuk dijadikan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil analisis deskriptif diperoleh rata-rata kelas eksperimen sebelum perlakuan (pre-test) sebesar 66,64 dan setelah perlakuan (post-test) sebesar 86,11. Sedangkan pada kelas kontrol rata-rata pre-testnya sebesar 60,42 dan rata-rata post-test sebesar 82,86. Analisis inferensial menggunakan uji t sampel independen diperoleh nilai Sig.(2 tailed) 0,033 < 0,05. Selanjutnya dari segi efektifitas penggunaan model pembelajaran berdasarkan uji Gain Score model pembelajaran discovery learning lebih tinggi yaitu 0,5875 sedangkan model pembelajaran problem based learning (PBL) 0,5569. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar praktikum akuntansi lembaga/instansi pemerintah siswa yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dan problem based learning (PBL).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

journal

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Accounting: Jurnal Pendidikan Akuntansi memiliki Fokus dan Cakupan diantara: Strategi Pembelajaran Akuntansi Model Pembelajaran Akuntansi, Metode Pembelajaran Akuntansi, Media Pembelajaran Akuntansi, Evaluasi Pembelajaran Akuntansi, Instrumen Pembelajaran Akuntansi, Akuntansi, Manajemen, ...