DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial
Vol. 3 No. 2 (2022): Diksi: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial

Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN 23 Dompu

Fifi Fitriana Sari (STKIP Yapis Dompu)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kelas V SDN 23 Dompu Tahun ajaran 2021/2022. Jenis pendekatan penelitian ini  ialah penelitian kuantitatif. Bentuk penelitian ini menggunakan satu kelas dan, peneliti hanya mengfokuskan penelitian pada kelas V. Adapun tehnik pengumpulan data terdiri dari angket, tes dan dokumen, serta tehnik analisis data menggunakan Analisis regresi linear sederhana, Analisis koefisien korelasi, Anlisis koefisien determinasi, dan Pengujian hipotesis penelitian  (uji T), dan fokus penyajian dalam penelitian ini adalah (1) Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, (2) pemberian tes Reciprocal Teaching. Data tersebut dianalisis dengan mengunakan metode statistik yaitu dengan dengan nilai harga konstant α 54,89 > konstant harga b 0,640 dari hasil nilai harga konstant α hitung lebih besar dari konstant harga b maka data berdistribusi normal. Selanjutnya pengujian dilakukan menggunakan uji hipotesis (uji T) yaitu dapat melihat pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, pernyataan  tersebut ditandai  dengan nilai thitung 0,766 > tabel  0,532 maka hipotesis diterima. Berdasarkan  hasil analisis tersebut maka dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan taraf 0,05 atau 5% pada penggunaan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kelas V SDN 23 Dompu Tahun pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

diksi

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial dengan e-ISSN: 2809-3593 dan p-ISSN: 2809-3585 merupakan jurnal yang menerbitkan hasil penelitian dan pemikiran pada bidang pendidikan dan sosial kemasyarakatan. Kajian dibidang pendidikan antara lain, kebijakan-kebijakan pendidikan, implementasi pendidikan ...