Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia
Vol. 1 No. 10 (2022): Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia 

ANALISIS KETERAMPILAN MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN MAHASISWA PGSD SEMESTER VI PADA PEMBELAJARAN MIKRO

Pratama, Kurnia Yoga (Unknown)
Ngazizah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2022

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam proses pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam membuka dan menutup pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran mikro mahasiswa PGSD Universitas Muhamadiyah Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji kredibilitas data melalui triangulasi serta teknik analisis data yaitu pengelolaan data, reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian ini yaitu guru telah melaksanakan keterampilan membuka dan menutup pelajaran dalam proses pelaksanaan pembelajaran matematika, akan tetapi ada beberapa indikator pada komponen-komponen membuka dan menutup pelajaran yang jarang bahkan tidak pernah terlihat diterapkan oleh guru, seperti indikator melakukan interaksi peserta didik dengan peserta didik jarang sekali terlihat, menimbulkan motivasi yang indikatornya mengemukakan ide yang bertentangan untuk memancing ketertarikan siswa akan materi pembelajaran dan mamperhatikan minat siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

humantech

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health

Description

Humantech : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia (E-ISSN : 2809-1612, P-ISSN : 2809-1620) adalah jurnal yang menerbitkan artikel penelitian yang mencangkup multidisiplin, yang meliputi : Humaniora dan ilmu sosial, ilmu politik kontemporer, ilmu pendidikan, ilmu agama dan filsafat, ilmu teknik, ...