Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab
Vol 3 No 1 (2022): Februari

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN CLASSFLOW DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS VIII DI SMP ZAINUDDIN

M. Rizal Rizqi (Universitas Islam Darul 'ulum)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2022

Abstract

Dalam pembelajaran dibutuhkan media yang dapat membantu kelancaran dalam terlaksananya proses belajar-mengajar yang efektif dan kondusif. Media pembelajaran classflow adalah media yang digunakan sebagai media komunikasi antara siswa dan guru untuk berdiskusi dengan efisiensi yang dinamis dan memiliki tampilan yang sederhana. Dengan media ini, siswa dapat membaca dan melakukan latihan di halaman web di mana saja, dan guru dapat mempelajari hasil belajar siswa secara online melalui daftar hasil dan laporan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran classflow dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII di SMP Zainuddin, mengetahui bagaimana kemampuan membaca siswa kelas VIII di SMP Zainuddin, mengetahui efektivitas media pembelajaran classflow dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII di SMP Zainuddin. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan uji “t-test”. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan jumlah sampel 34 siswa kelas VIII di SMP Zainuddin. Hasil dari analisis diperoleh t0 > ttabel yaitu 1,692 < 15,9 > 2,444 karena t0 lebih besar dari ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima sehingga penelitian ini menunjukkan bahwa adanya efektivitas penggunaan media pembelajaran classflow dalam meningkatkan kemampuan membaca pada siswa kelas VIII di SMP Zainuddin.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ALF

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Al-Fakkaar merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab yang menerbitkan artikel ilmiah dengan bidang kajian ilmu pendidikan, bahasa, agama, dan ...