cover
Contact Name
-
Contact Email
al-fakkar@unisda.ac.id
Phone
+6285733403612
Journal Mail Official
al-fakkar@unisda.ac.id
Editorial Address
UNIVERSITAS ISLAM DARUL 'ULUM LAMONGAN FAKULTAS AGAMA ISLAM PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB Alamat : Jl. Airlangga No.03 Sukodadi (62253), Lamongan, Indonesia Map Coordinate : Lat.-7.09566, Long. 112.331429
Location
Kab. lamongan,
Jawa timur
INDONESIA
Al-Fakkaar: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab
ISSN : 27458431     EISSN : 27458423     DOI : -
Al-Fakkaar merupakan Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Arab yang menerbitkan artikel ilmiah dengan bidang kajian ilmu pendidikan, bahasa, agama, dan sosial.
Articles 82 Documents
KONDISI BAHASA ARAB DI LAMONGAN PASCA ADANYA KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TENTANG KEWAJIBAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PESERTA DIDIK ida latifatul umroh; Rahmat Yunus
Al-Fakkaar Vol 1 No 1 (2020): February
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (877.12 KB)

Abstract

Tulisan ini merupakan kajian tentang kondisi bahasa Arab di kabupaten Lamongan setelah adanya kebijakan pemerintah daerah tentang kewajiban pembelajaran bahasa Arab bagi peserta didik. Kajian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi bahasa Arab di Lamongan, proses pembelajarannya, dan problematika dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan kondisi antara sebelum dan sesudah adanya kebijakan pemerintah. Yakni bahasa Arab yang dulunya hanya diajarkan di pesantren-pesantren, tempat pengajian, dan madrasah sekarang sudah diajarkan disemua sekolah yang ada di Lamongan mulai tingkat SD sampai menengah. Adapun dalam proses pembelajarannya masih banyak yang terpengaruh dengan metode pembelajaran yang ada di pesantren tradisional. Dan problem yang ada dalam pembelajaran bahasa Arab adalah muncul dari diri siswa, guru, dan metode pembelajarannya.
PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI SD NEGERI TLOGOREJO SUKODADI LAMONGAN Khoirotun Ni’mah; Durrotun Nafisah
Al-Fakkaar Vol 1 No 1 (2020): February
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (861.737 KB)

Abstract

Evaluasi adalah suatu kegiatan atau proses mengukur dan dilanjutkan dengan menilai sampai dimanakah tujuan yang telah dirumuskan sudah dapat tercapai. Jika evaluasi digunakan dalam suatu pembelajaran maka, penilaian tersebut ditujukan pada kemajuan dan perkembangan peserta didik dari tujuan yang telah ditetapkan dalam kurikulum. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian dengan cara mendeskripsikan hasil penelitian dalam bentuk kata-kata dan bahasa berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Tlogorejo Sukodadi Lamongan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara.Hasil penelitian ini adalah mata pelajaran bahasa Arab di kelas satu sampai kelas enam satu minggu sekali dengan dua jam pelajaran. Jenis penilaian yang dilakukan oleh guru bahasa Arab adalah pertama, pertanyaan lisan yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab setelah selesai pembelajaran berlangsung. Kedua, ulangan harian yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab secara periodik pada akhir pembelajaran kompetensi dasar (KD) tertentu. Ketiga, ulangan tengah semester atau akhir semester yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab dengan penggabungan materi dari beberapa kompetensi dasar (KD) dalam kurun waktu tertentu. Bentuk tes yang digunakan juga bermacam-macam disesuaikan dengan kemahirannya dari kemahiran menyimak, kemahiran berbicara, kemahiran, membaca dan kemahiran menulis.
الألعاب التقليدية بإندونيسيا على أسس متعدد الثقافات لترقية مهارة الكلام نور ليلى رحمواتي
Al-Fakkaar Vol 1 No 1 (2020): February
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (883.67 KB)

Abstract

Hampir di seluruh lembaga keislaman Indonesia telah mulai menyajikan bahasa Arab sebagai pelajaran tambahan. Hal ini disamping bertujuan untuk lebih mengkhaskan sebuah lembaga pendidikan Islam, sekaligus merupakan upaya mengenalkan bahasa Arab sebagai Bahasa agama dan Bahasa komunikasi. Kenyataan ini cukup menggembirakan, namun bersamaan dengan itu pula dituntut adanya penanganan pengajaran bahasa Arab secara professional dalam rangka menanamkan sikap positif siswa terhadap bahasa Arab. Diantara masalah yang muncul dalam pembelajaran adalah perlu adanya inovasi pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Menjelaskan Permainan Tradisional Indonesia berbasis multicultural untuk meningkatkan kemahiran berbicara, (2) mengetahui nilai Permainan Tradisional Indonesia berbasis multicultural untuk meningkatkan kemahiran berbicara. Sedangkan jenis data meliputi data kualitatif.
ANALISIS TEORI PSIKOLINGUISTIK DALAM PERKEMBANGAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Sampiril Taurus Tamaji
Al-Fakkaar Vol 1 No 1 (2020): February
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (724.457 KB)

Abstract

Penulisan artikel ini bertujuan untuk menjelaskan analisis teori psikolinguistik dalam perkembangan pembelajaran bahasa arab. Dengan analisis ini maka akan membuka ruang kita dalam memahami konsep bahasa yang di gunakan manusia sebagai alat komunikasi. Dalam artikel ini penulis menggunakan penelitian deskriptif yaitu dengan menyajikan gambaran lengkap dalam bentuk verbal atau numerical dan menyajikan informasi dasar mengenai suatu hubungan serta mengeksplorasi mengenai suatu fenomena dan kenyataan sosial. Dalam artikel ini penulis memberikan penjelasan bahwasannya Bahasa adalah medium tanpa batas yang membawa segala sesuatu mampu termuat dalam lapangan pemahaman manusia. Oleh karena itu memahami bahasa akan memungkinkan peneliti untuk memahami bentuk-bentuk pemahaman manusia. Bahasa adalah media manusia berpikir secara abstrak yang memungkinkan objek-objek faktual ditransformasikan menjadi simbol- simbol abstrak
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (MANAJEMEN MENUJU OUT PUT BERKWALITAS) Hani’atul Khoiroh
Al-Fakkaar Vol 1 No 1 (2020): February
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (829.942 KB)

Abstract

Management is a pillar in carrying out all activities both economic, social and educational. In the world of education, especially in the learning process, management becomes an important foundation in teaching and learning activities so that the process carried out reaps the desired output. In the process of human learning, it is not only the desired outcome but the process is also important because it is the process that leads to the achievement of learning. As for learning Arabic there are many problems that must be solved, both linguistic and non-linguistic problems. all of that must be found a solution so that the expected output can be achieved optimally. One solution that can be applied is to manage the learning process as well as possible. While this paper, which wants to uncover the concept of learning Arabic which can later be implemented to overcome the problems faced in various schools both public and private. Management of Arabic learning itself is a management of important components of learning that are arranged in a comprehensive manner starting from planning, organizing, mobilizing, and evaluating to achieve the expected learning objectives. In the management of Arabic learning that must be considered are the four learning principles, namely, the principle of priority (Al-Uluwyyat), the principle of corrective (Ad Diqqoh), the principle of tiered (Ad Darjiyyah) and the principle of longing for learning (At-Tasywiq). The procedures that must be carried out are, firstly planning (plan), namely planning for teachers, students, class or learning environment and curriculum (syllabus and learning implementation plan), secondly implementing (do), ie carrying out from what was planned, thirdly monitoring ( check) ie the learning process is overseen by the GA team, which later when a learning problem is found then it can be consulted to the team that has been formed at the school and the four follow-ups are the continuation of the learning activities after receiving feedback and input from the team. The procedures carried out must stick to the principles of Arabic learning that already exist.
SIMBOL BUNYI VOKAL HURUF HIJAIYYAH DAN HURUF CARAKAN JAWA (STUDI ANALISIS LINGUISTIK FONOLOGI) Hurin Innihayatus Sa’adah; Budi Setiawan
Al-Fakkaar Vol 1 No 1 (2020): February
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1295.05 KB)

Abstract

Fonologi merupakan ilmu suara ataupun bunyi, dan bagian dari objek kajian linguistik mikro atupun struktur internal bahasa itu sendiri. Dalam penelitian yang berjudul “Simbol Bunyi Vokal Huruf Hijaiyyah dan Huruf Carakan Jawa”, penulis berfokus pada simbol bunyi vokal Huruf Hijaiyyah dan huruf Carakan Jawa, dengan adanya sejarah dari bahasa pertama atau bahasa Ibu (Bahasa Carakan Jawa) dan sejarah bahasa kedua atau bahasa target (Bahasa Arab) yang merupakan salah satu bahasa tertua di dunia, perkembangan dari bahasa tersebut beserta karakteristiknya dengan menggunakan kuantitatif Deskriptif dan membandingkan dua bahasa yang tidak serumpun itu dengan menggunakan analisis Konstrastif, sehingga dua bahasa tersebut dapat diketahui persamaan maupun perbedaanya, dan membantu pengguna maupun pelajar salah satu dari bahasa tersebut dan mengatasi kendalanya.
IMPLEMENTASI METODE TAKRIR PADA MATERI FI'IL DALAM PEMBELAJARAN MAHARAH QIROAH BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK NU 1 SUKODADI Khoirotun NI'mah; M. Rizal Rizki; Elis Ismawati
Al-Fakkaar Vol 1 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (934.401 KB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari observasi yang dilakukan peneliti terhadap peserta didik yang didapatkan pada tingkat pemahaman siswa yang sangat minim pada pembelajaran bahasa Arab terutama materi tentang fi'il dan sikap non antusias ketika penyampaian materi pelajaran tersebut, serta tingkat kemampuan membacanya (maharah qira’ah) terbilang cukup minim. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dari data yang diperoleh melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh peneliti, bahwa dalam pelaksanaan Implementasi Metode Takrir sudah terlaksana dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode takrir yaitu dengan cara mengulang-ulang bacaan yang diperdengarkan oleh guru, kemudian diikuti oleh siswa secara berulang-ulang sampai benar-benar hafal. Sedangkan faktor pendukungnya yaitu: tujuan yang hendak dicapai dalam pembelajaran, kemampuan guru, kemampuan anak didik, metode yang digunakan dalam mengajar, situasi dan kondisi dimana pembelajaran berlangsung, fasilitas yang tersedia, dan kebaikan dan kekurangan suatu metode karena metode yang digunakan oleh guru kurang menarik perhatian siswa, maka perlu adanya metode pembelajaran baru.
PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DARING (Studi Kasus Mahasiswa Hukum Kelurga Islam (HKI) STAI Taruna Surabaya) Saiul Ana
Al-Fakkaar Vol 1 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (744.755 KB)

Abstract

The Covid 19 emergency outbreak was imposed by the Indonesian government, and the minister of education launched a study from home since March 2020. Learning is done online / in accordance with government regulations to break the spread of the epidemic. In general, low-grade Institute student still have problems recognizing Arabic letters. This will cause students difficulty learning Arabic subjects. This study describes the teaching of Arabic for HKI students , with research subjects HKI students In STAI Taruna Surabaya, totaling 11 students, and Arabic language lecturing. Data collection methods used observation and interviews to determine the teaching methods used, and the constraints faced by lecture and students. The results showed that online Arabic teaching for student used the lecture method. The obstacles faced by lectures are the lack of opportunities to monitor one by one student and many students who cannot attend while the obstacle for students is the lack of understanding of the lessons conveyed by the lecture, internet network connections that do not support.
METODE COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE FOR LANGUAGE (CEFR) DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB Dedi Eko Riyadi
Al-Fakkaar Vol 1 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (921.111 KB)

Abstract

Fakta yang tidak bisa dipungkiri Bagi orang Indonesia dalam mempejari bahasa arab , memiliki tingkat kesulitan dan kemudahan berbeda antara pelajar yang satu dengan pelajar yang lain. Namu kita perlu membangun cara berfikir bahwa, Kesulitan mempelajarinya tidaklah disebabkan oleh bahasanya itu melainkan pelajarnya dan metode yang digunakan. dalam tulisan ini, penulis akan mengulas sebuah metode pembelajaran yang dinamakan dengan metode Common European Framework of Reference for Language (CEFR). Pada mulanya, metode ini digunakan dalam pembelajaran bahasa asing di Eropa. Apakah teori ini bisa diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab, sebagaimana 40 bahasa asing selain bahasa Inggris. Sangat sederhana maksut dari tulisan ini adalah hanya sebuah usaha untuk mengetahui efektivitas, peluang dan tantangan pembelajaran bahasa Arab di Indonesia dengan menggunakan CEFR dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam wilayah ruang lingkupnya, Metode Common European Framework Of Reference For Language (CEFR)dalam bahasa arab, tidak ada pembedaan pada jenjang pendidikan formal yang mengacu pada usia pelajar. Teori CEFR dalam pembelajaran bahasa Arab mengacu pada kemampuan berbahasa Arab pada setiap levelnya berjumlah enam tingkatan. Yaitu A1 dan A2 untuk pemula, B1dan B2 untuk menengah, dan C1 dan C2 untuk tingkat lanjut. Jika dilihat dari pembelajaran bahasa Arab yang tersusun adalah didasarkan pada kompetensi tiap tingkatan dan ini akan memunkinkan bagi siapa saja untuk mempelajarinya dan menempati level sesuai kemampuannya. Dalam wilayah implementasinya, CEFR dalam pembelajaran bahasa Arab di Indonesia khususnya masih terdapat kesulitan dalam menemukan aplikasinya baik di pendidikan formal maupun non formal tanpa adanya dukungan daripemerintah. Dan ini menunjukkan bahwa penerapan metode apapun dalam pembelajaran terutama metode Metode Common European Framework Of Reference For Language (CEFR)dalam bahasa arab bahasa arab, perlu adanya saling mendukung antara guru, pihak sekolah terutama dari pemerintahan.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA KITAB KUNING MELALUI PEMBENTUKAN KEBIASAAN MEMBACA TEKS ARAB DI KELAS II WUSTHO PONDOK PESANTREN AL-HIDAYAH KANUGRAHAN MADURAN LAMONGAN Ida Latifatul Umroh; Khotimah Suryani; Habibah Dwi Puji Hastuti
Al-Fakkaar Vol 1 No 2 (2020): Agustus
Publisher : Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Unisda Lamongan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (815.646 KB)

Abstract

Dalam upaya peningkatan keterampilan berbahasa perlu adanya pembiasaan, baik keterampilan mendengar, berbicara, membaca, maupun menulis. Pembentukan kebiasaan membaca teks Arab diyakini dapat memberikan peningkatan keterampilan santri dalam membaca kitab kuning. Seperti halnya dalam lingkungan bahasa, seseorang yang menghafal banyak mufradat tetapi tidak pernah praktek langsung untuk berbicara bahasa Arab, tentunya akan kalah dengan yang hidup di lingkungan yang menggunakan bahasa Arab sebagai alat komunikasinya. Penelitian ini bertujuan mengetahui pembentukan kebiasaan membaca teks Arab di kelas II wustho Pondok Pesantren Al-Hidayah Kanugrahan Maduran Lamongan dan mengetahui peningkatan keterampilan membaca kitab kuning melalui pembentukan kebiasaan membaca teks Arab di kelas II wustho Pondok Pesantren Al-Hidayah Kanugrahan Maduran Lamongan. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan penelitian tindakatan kelas. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, soal pre test dan post test, dan dokumentasi. Analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil pre test awal sebesar 46, nilai rata-rata post test siklus I 68,21 dan nilai rata-rata post test siklus II 77,26. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca kitab kuning melalui pembentukan kebiasaan membaca teks Arab di Kelas II Wustho pondok pesantren Al-Hidayah Kanugrahan Maduran Lamongan.