Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Urgensi Penilaian Pembelajaran PAI sebagai Peningkatan Mutu Pendidikan Nasional

Firman Mansir (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)
Muh. Alamin (STMIK Bina Adinata Bulukumba)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Artikel ini bertujuan menjelaskan pentingnya penilaian pembelajaran dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan. Di Indonesia pendidikan sebagai hak yang diberikan negara kepada masyarakatnya dengan tujuan secara umum untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat dalam menghadapi tuntutan zaman. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa salah satu cara untuk menjaga keberlangsungan pendidikan dengan baik ialah dengan adanya penilaian atau evaluasi pembelajaran. Dimana penilaian ini dimaksudkan untuk mengukur capaian pendidikan dari waktu ke waktu, serta hasilnya akan dijadikan sebagai informasi yang bermanfaat dalam memutuskan kebijakan pendidikan yang baru. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode kajian literatur yang mengambil sumber dari hasil penelitian yang sesuai dengan pembahasan artikel ini. Dengan demikian, penilaian sangat penting dalam kegiatan pendidikan dan pengajaran, sehingga terdapat dua jenis penilaian, yaitu penilaian formatif adalah penilaian yang dilakukan selama berjalannya proses pengajaran dan penilaian sumatif yaitu penilaian yang dilakukan pasca pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...