Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 4 No. 1 (2022): Journal on Teacher Education

Validitas LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Materi Sistem Imunitas dalam Upaya Mitigasi Bencana Covid-19 untuk Kelas XI SMA

Shalsabila Maulida (Universitas Negeri Padang)
Muhyiatul Fadilah (Universitas Negeri Padang)
Ardi Ardi (Universitas Negeri Padang)
Elsa Yuniarti (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
16 Sep 2022

Abstract

Bahan ajar merupakan salah satu media yang dapat membantu siswa dalam belajar. LKPD mendapat kesempatan untuk memancing peserta didik agar terlibat aktif dengan materi yang dibahas, peserta didik harus dapat menyusun pengetahuannya sendiri dalam memecahakan masalah dan mengupayakan solusinya, model pembelajaran yang dapat digunakan salah satunya adalah PBL dan bahan ajar berupa LKPD.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan sebuah bahan ajar berupa LKPD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah jenis pengembangan atau dikenal denganĀ  Research and Development, dengan model pengembangan 4D. Penelitian ini dilakukan di FMIPA UNP dan SMAN 4 Sungai Penuh. Validator produk ini terdiri dari 3 validator yaitu 2 orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan 1 orang guru mata pelajaran Biologi di SMAN 4 Sungai Penuh. Dari penelitian ini maka dihasilkan LKPD berbasis PBL pada materi sistem imunitas dalam upaya mitigasi bencana COVID-19 pada siswa SMA yang valid dengan rata-rata nilai validitas diperoleh 85,5%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...