Journal On Teacher Education (Jote)
Vol. 3 No. 3 (2022): Journal On Teacher Education

The Effect of Extrovert and Introvert Personality Towards Students’ Achievement in Writing Recount Text Through Jigsaw

Iskandar Zulkarnain (Universitas Alwashliyah Medan)
Nurmayana Nurmayana (Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh kepribadian ekstrovert dan introvert terhadap prestasi belajar siswa dalam menulis teks recount melalui Jigsaw. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XII AP SMK Dwi Warna Medan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan Teknik Jigsaw. Data penelitian ini diperoleh dengan menggunakan angket dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua tes menunjukkan bahwa Teknik Jigsaw lebih berpengaruh untuk digunakan pada siswa yang berkepribadian ekstrovert dalam menulis Teks Recount. Melalui Teknik Jigsaw, kemampuan siswa dengan kepribadian ekstrovert dapat meningkat dari 48,5-71,75. Sedangkan siswa dengan kepribadian introvert hanya mengalami sedikit perubahan yaitu 50,1-64,8.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jote

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

The teacher education journal is a place for researchers to develop their competencies in the fields of research, education and community service. This journal is related to the world of general education such as early childhood education, educational psychology, primary school teacher education, ...