Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman
Vol 1 No 1 (2022): Maret

KESULITAN MAHASISWA DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ahmad Irham Tajhi (Unknown)
Ayu Fitria (Unknown)
Dara Sabella (Unknown)
Dita Oktavia (Unknown)
Reni Al Munawwaroh (Unknown)
Sulthonul Hafiz (Unknown)
Yusmai Sri Ani (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Mar 2022

Abstract

Penyebaran virus Covid-19 yang sangat masif, menjadi dasar pemerintah menetapkan status pandemi guna menyelamatkan masyarakat Indonesia. Berbagai aspek kehidupan terdampak akibat Covid-19, termasuk pendidikan. Salah satu perihal yang nyata berbeda dalam proses pendidikan ialah pelaksanaan pembelajaran daring (online). Perubahan sistem pembelajaran ini dipandang sebagai alternatif tepat di masa pandemi Covid-19, tentu dengan tidak menafikan kesulitan-kesulitan yang terdapat dalam penerapannya. Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran daring pada masa pandemi Covid-19. Adapun jenis penelitian ini termasuk kualitatif dengan metode studi deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui teknik wawancara terstruktur dengan tatap muka, responden sebanyak 6 orang yang mewakili mahasiswa beberapa angkatan mahasiswa (representatif). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan-kesulitan yang dihadapi mahasiswa masih bersifat mendasar (fundamental). Hal ini meliputi kelemahan mahasiswa dalam penggunaan teknologi, metode pembelajaran yang membosankan, dan kendala jaringan internet.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cendekiawan

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman is a regular scientific journal published by the Zia Salsabila Foundation, Education and Research Sector since 2022. Cendekiawan: Jurnal Pendidikan dan Studi Keislaman, published four times a year in January-March, April-June, July-September, and ...