Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 2 (2022): Agustus

Teori dan Teknologi Materi Pecahan pada Buku Teks Matematika Sekolah Dasar

Teten Ginanjar Rahayu (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Tatang Herman (Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung, Indonesia)
Anggy Giri Prawiyogi (Universitas Buana Perjuangan, Karawang, Indonesia)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2022

Abstract

Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi mengurutkan pecahan. Salah satu faktor penyebab kesulitan tersebut adalah kurang lengkapnya buku teks matematika dalam menyajikan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sajian materi mengurutkan pecahan pada buku teks matematika kelas IV yang berfokus pada bentuk teori dan teknologinya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi penyandian, pengkategorian, pembandingan, dan pembahasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sajian materi mengurutkan pecahan pada buku teks tersebut sudah lengkap. Akan tetapi ada beberapa perbaikan sajian materi yang direkomendasikan di antaranya direkomendasikan untuk menyajikan uji kemampuan prasyarat, direkomendasikan untuk menyajikan bentuk-bentuk pecahan serta menggambarkan bentuk pecahan dalam bentuk konkrit. Direkomensaikan untuk menyajikan cara menyamakan penyebut dengan KPK. Dengan demikian, sajian materi mengurutkan pecahan pada buku teks yang lengkap akan memudahkan siswa dalam memahami dan menguasai materi tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...