Abstrak: Penelitian ini didasarkan karena adanya permasalahan dalam pembelajaran IPA, yaitu rendahnya nilai literasi sains siswa. Salah satu cara untuk kembali meningkatkan literasi sains siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah produk berupa E-komik interaktif yang mampu meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-komik interaktif untuk meningkatkan literasi sains pada pembelajaran IPA. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang tahapannya meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil skor validasi e-komik interaktif memiliki rerata sebesar 93% termasuk dalam kategori yang sangat valid. Kepraktisan e-komik interaktif memiliki rerata sebesar 92,5% termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan e-komik interaktif memiliki skor N-gain yang cukup besar, yaitu 0,60 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapat, disimpulkan bahwa e-komik interaktif diartikan sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA.Abstract:  This research is based on the existence of problems, namely the low level of scientific literacy in science learning. One way to upgrade students' scientific literacy is to use interactive learning media. Therefore, this research was conducted to develop a product specifically interactive e-comic that can boost students' scientific literacy. This study describes the validity, practicality, and effectiveness of interactive e-comic products to improve scientific literacy in science learning. This research is educational design research using the ADDIE development model. The interactive e-comic validation score results have an average of 93%, belonging to the very valid category. The practicality of interactive e-comic has an average of 92.5% belongs to the convenient category. The effectiveness of interactive e-comic with an N-gain score of 0.60 belongs to the medium category. Based on the results of the research obtained, it can be concluded that the interactive e-comic is stated to be very valid, very practical, and quite effective for improving students' scientific literacy in science learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022