Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP)
Vol 1, No 3 (2015)

Studi Fenomenologis Kebahagiaan Guru di Papua

Irianto Irianto (Unknown)
Subandi Subandi (Faculty of Pscyhology, Universitas Gadjah Mada)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis secara mendalam nilai-nilai kebahagiaan serta mengeksplorasi karakter positif yang diwujudkan dalam proses belajar mengajar di pedalaman Papua. Kebahagiaan merupakan suatu konsep yang menggambarkan kondisi individu ketika mengarahkan perasaannya pada hal yang positif dan memanfaatkan karakter positif yang dimiliki untuk memaknai peristiwa -peristiwa yang dijalaninya dalam kehidupan sehari - hari. Pendekatan kualitatif fenomenologi digunakan dalam penelitian ini. Partisipan sebanyak tiga orang, dan proses pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mengarahkan perasaannya ke hal - hal yang positif berdasarkan pengalaman selama mengabdi, yaitu; ketika siswa - siswa di pedalaman dapat mengikuti pelajaran yang diberikan dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat menunjukkan identitas guru secara langsung di pedalaman, adanya kesatuan kerja diantara para guru, dan mendapatkan dukungan dari masyarakat setempat maupun keluarga mereka

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

gamajop

Publisher

Subject

Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences Other

Description

Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP) ISSN 2407-7798 is an open-access journal disseminating empirical research on current topics in the broad area of psychology (clinical, social, developmental, educational or Industrial and Organizational) with a behavioral, cognitive, positive psychology ...