Biolearning Journal
Vol 9 No 2 (2022): Biolearning Journal (Juli 2022)

EKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA INSEKTARIUM TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAHLUK HIDUP DI KELAS X IPA SMA GUPPI RAJA AMPAT

Fitriyani Macam (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Yannika Nidiasari (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)
Hidayatussakinah Hidayatussakinah (Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini, Untuk mengetahui efektifitas signifikan pengunaan media insektarium terhadap minat belajar peserta didik dikelas X IPA SMA GUPPI Raja ampat tahun ajaran 2020/2021.. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tru experemtas dengan desain Prestest-Posttest Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas X IPA yang berjumlah 21 siswa yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling, dalam penelitian mengunakan 2 variabel yaitu variable X, dimana X media pembelajaran insektarium, Y minat belajar. Dalam penelitian ini mengunakan kelas eksperimen. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tehnik angket, tehnik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada evektifitas signifikan penggunaan media insektariumterhadap minatn belajar di kelas X IPA di SMA GUPPI Raja Ampat tahun ajaran 2019/2020. Terhadap minat belajar nilai thitung=148.842 dan ttabel =1,859 pada taraf signifikan 5%.karena ttabel<thitung maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian modia pembelajaran insektarium dapat meningkatkan minat belajar Biologi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnalbiolearning

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Other

Description

Biolearning Journal is a container of scientific publications with a scientific scope that is the science of education and the science of biology and all things related to science and directly related to the application of the science of education and biological sciences. Biolearning Journal is ...