Penerapan model pembelajaran penyelesaian masalah (problem solving) merupakan salah satu strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran dalam rangka menumbuhkan sikap sosial siswa yakni siswa memiliki kesadaran sosial serta sikap terbuka atau inklusi sosial dalam mengikuti pembelajaran dalam suatu rombongan belajar. Implementasi sistem sosial dalam pembelajaran berbasis pemecahan masalah ini mencakup peran dan hubungan siswa dengan guru secara rinci pada setiap tahap pembelajaran. Pada penelitian ini model pembelajaran berbasis masalah dianggap sebagai suatu komponen dalam sistem sosial pada pembelajaran yang berlangsung di kelas, sehingga dapat mengakibatkan adanya interaksi pembelajaran antara siswa dengan guru, siswa dengan siswa, serta siswa dengan sumber belajar lainnya.Penelitian ini adalah peneltian kualitatif deskriptif yang mengkaji tentang pelaksanaan sistem sosial pembelajaran problem solving sebagai upaya untuk menumbuhkan sikap kesadaran dan inklusi sosial pada siswa jurusan IPS di MAN 2 Lombok Tengah.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pnerapan sistem sosial pembelajaran problem solving dapat menumbuhkan kesadaran dan inklusi sosial siswa dalam berinteraksi selama proses pembelajaran berlangsung.
Copyrights © 2022