Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)

Upaya meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di TK Khulafaur Rasyidin

Priyanti, Nina Yuminar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2022

Abstract

Nina Yuminar Priyanti 2022, Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak melalui Metode Bermain Peran pada Kelompok B di TK Az Zaitun. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian anak melalui kegiatan bermain peran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelompok B usia 5-6 tahun di TK Khulafaur Rasyidin Bekasi yang berjumlah 15 anak terdiri dari 4 laki-laki dan 11 anak perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkkan adanya peningkatkan rata-rata kemandirian anak pada siklus I peningkatan kemandirian anak sekitar 62,64%, siklus II peningkatan kemandirian anak 78,66% telah memenuhi rata-rata presentase yang telah ditargetkan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui metode bermain peran dapat meningkatkan kemandirian anak di TK Islam Khulafaur Rasyidin Bekasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...