Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 8, No 4 (2022): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Oktober)

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EARTHCOMM TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR SPASIAL DI MAS AL-MAS’UDY MOJOKERTO

Jazuli, Moh (Unknown)
Rusijono, Rusijono (Unknown)
Bachri, Bachtiar S. (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perubahan kemampuan berpikir spasial peserta didik melalui model pembelajaran earthcomm. Metode yang digunakan desain kuantitatif dengan pendekatan quasy eksperimental design dalam bentuk pre-test-post-test control group design. Lokasi penelitian di MAS Al-Mas’udy Mojokerto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAS Al-Mas’udy Mojokerto. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 30 peserta didik diambil menggunakan teknik sampling cluster random sampling. Teknik pengambilan data melalui kuesioner melalui Google Form.  Hasil penelitian menunjukkan: (a) terdapat perubahan kemampuan berpikir spasial peserta didik, (b) kemampuan berpikir spasial peserta didik dengan model pembelajaran earthcomm lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...