JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT
Vol 10 No 3 (2022): Vol.10. No.3 2022

IDENTIFIKASI PERMASALAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS TANJUNGPURA (Studi Penyusunan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Mahasiswa Universitas Tanjungpura)

Indri Astuti (Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Luhur Wicaksono (Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Sri Maryuni (Universitas Tanjungpura, Pontianak)
Amallia Putri (Universitas Tanjungpura, Pontianak)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Tujuan penelitain ini mengidentifikasi permasalahan mahasiswa Universitas Tanjungpura sebagai informasi awal dalam pengembangan program-program kegiatan pada Pusat Layanan Bimbingan dan Konseling (PLBK). Bentuk penelitian deskriptif kuantitatif untuk mengetahui masalah mahasiswa secara aktual. Instrumen penelitian ini menggunakan Inventori Ungkap Masalah Mahasiswa (IUMM). Aspek-aspek yang diidentifikasi meliputi: Komponen Internal (KI), dan Komponen Eksternal (KE). Sumber data mahasiswa sejumalh 100 orang dari 9 fakultas dilingkungan Universitas Tanjungpura. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan masalah mahasiswa kategori rendah. Temuan ini mengisyaratkan mahasiswa dapat mengenali dan mengendalikan masalah akademik dan non akademik yang dialaminya. Untuk itu gambaran permasalahan mahasiswa dapat digunakan sebagai analisis kebutuhan untuk menyusun program pusat layanan bimbingan dan konseling Universitas Tanjungpura.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ED

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Arts Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Education and Development merupakan publikasi karya ilmiah dari hasil penelitian, pendidikan dan pengembangan ilmu pengetahuan, baik sosial, budaya dan lingkungan. Sebagai upaya untuk mewujudkan visi dan misi di Perguruan Tinggi. Jurnal Education and development mewadahi hasil pemikiran dan ...