Journal of Education, Cultural, and Politics
Vol. 2 No. 2 (2022): JECCO: Fourth Edition

Kemandirian Belajar Mahasiswa dalam Perkuliahan Daring pada Masa Pandemi Covid-19

Widyaliza Fitri Islamy (Universitas Negeri Padang)
Fatmariza Fatmariza (Universitas Negeri Padang)
Azwar Ananda (Universitas Negeri Padang)
Maria Montessori (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemandirian belajar mahasiswa dalam pelaksanaan perkuliahan secara daring pada masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ialah kuantitaif-deskriptif, dengan 80 orang responden mahasiswa Departemen Ilmu Sosial Politik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dari angkatan 2018, 2019, 2020, dan 2021. Hasil penelitian menunjukkan sebesar 28,75% mahasiswa memiliki kemandirian belajar yang rendah, hal ini termasuk dalam melakukan evaluasi pada proses pembelajaran. Sedangkan sebanyak 71,25% mahasiswa memiliki kemandirian belajar yang tinggi, yaitu dalam membuat perencanaan belajar, melakukan aktivitas belajar secara individu dan dapat meminimalir faktor-faktor penghambat dari proses pembelajaran yang telah dilakukan. Maka dapat disimpulkan bahwa kemandirian belajar mahasiswa dalam melaksanakan perkuliahan secara daring pada masa pandemi covid-19 sudah baik. Perkuliahan secara daring, membuat mahasiswa secara sadar memiliki tanggungjawab dalam melakukan proses pembelajaran untuk mendapatkan hasil belajar yang memuaskan. Kondisi ini diharapkan dapat terus terjaga dan meningkat untuk seluruh mahasiswa, sebagai kewajibannya dalam belajar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jecco

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Journal of Education, Cultural and Politics (JECCO) invites scholars, researchers, practitioners, and graduate students to submit their empirical original research papers on Education, Cultural and ...