Idarotuna: Jurnal Kajian Manajemen Dakwah
Vol 4, No 2 (2022): Oktober 2022

Manajemen Islam dalam E-Commerce: Studi Tentang Strategi Komunikasi Profetik

Anhar Fazri (Universitas Teuku Umar)
Muhammad Faisal (STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh)
Putri Maulina (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Oct 2022

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi memberikan banyak perubahan dalam kehidupan manusia, khususnya dalam bidang sosial ekonomi. Perubahan transaksi dalam bidang ekonomi saat ini sudah beralih ke dalam e-commerce. Namun, di sisi lain, e-commerce menghadapi persoalan baru, terutama terkait strategi komunikasi dalam memasarkan produk-produknya. Tulisan ini berupaya menghadirkan alternatif manajemen Islam, terutama pada aspek komunikasi profetik. Komunikasi profetik menjadi komponen penting dalam memasarkan produk secara online. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian pustaka (Library Research) berupa buku-buku dan sumber referensi online seperti website. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa konsep komunikasi profetik belum sepenuhnya diimplementasikan dalam beberapa transaksi e-commerce. Namun, dalam transaksi e-commerce tertentu, seperti Shoppe misalnya, mereka telah mengimplementasikan beberapa konsep komunikasi profetik seperti bersedia melayani dan menerangkan transaksi kepada konsumen melalui interaksi online (chat).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

idarotuna

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

IDAROTUNA adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Jurnal ini adalah media komunikasi ilmiah antarpeminat ilmu manajemen dakwah yang terdiri dari dosen, pakar dan praktisi, mahasiswa dan lain sebagainya. Jurnal Idarotuna ...