Jurnal Ilmu Pendidikan dan Sosial
Vol. 1 No. 1 (2022): April

ANALYSIS OF LOW INTEREST IN READING THE QUR'AN IN SCHOOL AGE CHILDREN

Aisyah Ayun Khoirurrizki (Universitas Ahmad Dahlan)
Betty Mauli Rosa Bustam (Fakultas Agama Islam, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2022

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai minat baca Al-Qur’an pada anak usia sekolah secara umum. Minat untuk membaca Al-Qur’an dikalangan anak usia sekolah (6-12 tahun) semakin berkurang karena pada usia tersebut anak masih suka bermain dan mudah terpengaruh lingkungan pergaulan. Disisi lain, kemajuan teknologi menjadikan anak usia sekolah lebih suka bermain gawai dibandingkan membaca Al-Qur’an. Maka dengan menggunakan metode penelitian kajian pustaka dari buku, jurnal, skripsi dan tesis yang membahas mengenai minat baca Al-Qur’an, artikel ini berisi pengertian minat baca Al-Qur’an, Cara Menumbuhkan dan Membangkitkan Minat Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca Al-Qur’an, Faktor yang Mempengaruhi Minat Membaca Al-Qur’an, Anak Usia Sekolah, Teknik Menumbuhkan Minat Baca Al-Qur’an pada Anak Usia Sekolah dan Metode Dalam Belajar Membaca Al-Qur’an. Adapun hasil penelitian yang didapatkan adalah rendahnya minat baca Al-Qur’an pada anak disebabkan oleh factor internal dari diri anak, factor lingkungan, social dan emosional. Maka perlu adanya metode dan cara yang tepat untuk membangkitkan minat baca Al-Qur’an pada anak usia dini yang sesuai dengan minat dan metode pengajaran sehingga anak termotivasi untuk mencintai Al-Qur’an sejak dini.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipsi

Publisher

Subject

Religion Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Nursing Public Health Social Sciences Other

Description

he focus of this JIPSI journal is based on the results of educational research that contributes to the understanding, improvement, development of scientific theories and concepts and their application to education in Indonesia. The scope of education includes educational administration, guidance, ...