SAINSMAT: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam
Vol 7, No 2 (2018): September

Kajian Suseptibilitas Magnetik Bergantung Frekuensi terhadap Pasir Besi Kabupaten Takalar

Vistarani Arini Tiwow (KBK Fisika Bumi, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Makassar)
Meytij Jeanne Rampe (Program Studi Kimia, Jurusan Kimia, Universitas Negeri Manado)
Muhammad Arsyad (KBK Fisika Bumi, Jurusan Fisika, Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
20 Sep 2018

Abstract

Telah dilakukan penelitian mengenai kajian suseptibilitas magnetik bergantung frekuensi terhadap pasi besi Kabupaten Takalar. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi mineral magnetik yang dominan berdasarkan data suseptibilitas magnetik dan menganalisis sumber mineral magnetik berdasarkan suseptibilitas magnetik bergantung frekuensi. Metode yang digunakan adalah metode magnetik batuan khususnya parameter suseptibilitas magnetik. Pengukuran dilakukan menggunakan alat Bartington MS2 Susceptibility Meter dilengkapi sensor MS2B yang bekerja pada frekuensi rendah (470 Hz) dan frekuensi tinggi (4700 Hz). Hasil penelitian mengindikasikan pasir besi mengandung mineral ferrimagnetik yaitu magnetite. Nilai suseptibilitas magnetik pada frekuensi rendah dan frekuensi tinggi identik serta persentase suseptibilitas magnetik bergantung frekuensi diperoleh kurang dari 2 % yang mengindikasikan pasir besi memiliki bulir magnetik multi domain (MD). Korelasi positif antara suseptibilitas magnetik pada frekuensi rendah dengan bergantung frekuensi mengindikasikan sumber mineral magnetik yang dominan berasal proses pedogenik yaitu pelapukan batuan gunung api.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

sainsmat

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Chemistry Decision Sciences, Operations Research & Management Education Physics

Description

The objective of this journal is to publish original, fully peer-reviewed articles on a variety of topics and research methods in both sciences, mathematics, its education, and applied science. The journal welcomes articles that address common issues in mathematics, sciences, education, applied ...