JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik
Vol 4 No 1 (2019): Volume 4, Nomer 1, April 2019

Implementasi Program Polisi Sekolah Sebagai Best Practice Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa

SRI ISNANI (SMP Negeri 02 Arjasa, Jember)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi, capaian, kendala, dan solusi dari program Polisi Sekolah demi peningkatan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 02 Arjasa Jember. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode SWOT serta pendekatan fenomenologi. Observasi dan dokumentasi merupakan teknik yang digunakan dalam pengumpulan data.  Berdasarkan analisis SWOT, kedisiplinan merupakan hal yang sangat krusial dan menjadi kelemahan di SMP Negeri 02 Arjasa Jember. Salah satu strategi WO (Weakness - Opportunity) yang dapat diterapkan yaitu berupa implementasi program kegiatan terpadu untuk meningkatkan kedisiplinan di sekolah, yaitu melalui program Polisi Sekolah.  Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa program Polisi Sekolah ini merupakan salah satu bukti nyata bahwa kedisiplinan di lingkungan sekolah dapat diwujudkan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan prestasi siswa. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jp

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JP (Jurnal Pendidikan) : Teori dan Praktik e-ISSN : 2527-6891 is a scientific journal that contains and disseminates research results, in-depth study, and innovative ideas in the field of educational science. The innovation of teachers and lecturers in the development of the education sector can ...