Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan Kurikulum Merdeka pada guru matematika di SMP Negeri 6 Majene. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian dengan teknik purposive sampling ini adalah guru matematika SMP Negeri 6 Majene. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) peneliti, (2) angket, dan (3) pedoman wawancara. Kemudian data dianalisis dengan teknik analisis kualitatif dimulai dengan mereduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau sampai pada penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2023, tepatnya pada semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Adapun indikator yang digunakan pada penelitian ini terkait penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran matematika yakni (1) penerapan pembelajaran berbasis project pada pembelajaran matematika; 2) fokus pada materi esensial sesuai kebijakan Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran matematika; dan 3) fleksibilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka masih belum diterapkan secara maksimal atau secara menyeluruh oleh guru matematika di SMP Negeri 6 Majene.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024