Kegiatan yang ada pada lembaga pendidikan sudah pasti memiliki tujuan yang terukur untuk dapat menciptakan generasi lebih baik lagi, baik dalam bentuk pikiran maupun akhlak yang dimiliki oleh siswa itu sendiri. Dalam pembentukan budi pekerti pada lembaga pendidikan sudah pasti dilakukan didalam ruangan kelas, akan tetapi pada penelitian ini peneliti berusaha untuk meneliti upaya yang dilakukan oleh guru dalam ekstrakulikuler rohis yang ada di sekolah SMAN 2 Karawang dalam membentuk budi pekerti peserta didik. Pada penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan apa yang menjadi ekstrakulikuler rohis di SMA NEGERI 2 KARAWANG. Pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam analisis data yang diperoleh melalui lokasi penelitian yang dituju yaitu menggunakan penyajian data, reduksi data, dan menarik kesimpulan pada data yang telah diproses melalui beberapa tahapan. Hasil penelitian pada penelitian ini menunjukan adanya peran ekstrakulikuler rohis dalam membentuk budi pekerti siswa dengan membentuk sikap, serta tutur kata ataupun ucapan. Melalui upaya yang dilakukan oleh guru dalam membimbing siswa agar memiliki pendirian yang kuat.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022