Natural Science Education Research (NSER)
Science Education National Conference 2018

PERSEPSI CALON GURU IPA DAN MATEMATIKA TERHADAP PEMBELAJARAN BERORIENTASI STEM

Ani Afifah (Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Pasuruan, Kota Pasuruan, 67118, Indonesia)
Nur Qomaria (Prodi Pendidikan Matematika, STKIP PGRI Pasuruan, Kota Pasuruan, 67118, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Pembelajaran STEM merupakan pembelajaran yang mengintegrasikan Science, Technology, Engineering, dan Mathematics dengan berfokus  pada pemecahan masalah nyata dalam  kehidupan sehari-hari. Pembelajaran  STEM memberi kesempatan kepada guru untuk menunjukkan pada siswa bahwa konsep dan prinsip Science, Technology, Engineering, dan Mathematics yang digunakan secara simultan dapat diterapkan dalam pengembangan produk, proses, dan sistem dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi calon guru IPA dan matematika terhadap pembelajaran berorientasi  STEM. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2015 di Prodi Pendidikan IPA Universitas Trunojoyo Madura dan Prodi Pendidikan Matematika di STKIP PGRI Pasuruan. Data dikumpulkan melalui angket terbuka dan dianalisis dengan pengkodean kesamaan pendapat dan dihitung banyaknya subjek dengan pendapat yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa baik calon guru IPA maupun calon guru matematika memberikan persepsi positif terhadap pembelajaran STEM. Subjek juga menunjukkan persepsi positif terhadap pengaplikasian pembelajaran STEM dalam kelas mereka di masa depan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...