Natural Science Education Research (NSER)
Science Education National Conference 2018

PENERAPAN METODE EDUTAINMENT UNTUK MENGAJARKAN GEJALA ALAM PADA ANAK USIA DINI

Dewi Mayangsari (Program Studi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)
Siti Fadjryana Fitroh (Program Studi PG PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2018

Abstract

Anak usia dini akan belajar aktif ketika mereka dilibatkan dalam proses belajar. Proses belajar aktif terjadi saat guru mampu menciptakan interaksi yang baik, mendorong minat belajar anak dan menciptakan perasaan senang pada anak. Salah satu metode pembelajaran aktif yang dapat diterapkan pada anak saat ini ialah metode edutainment. Metode edutainment merupakan metode belajar yang menggabungkan antara konsep bermain, media interaktif dan proses belajar aktif. Anak mulai belajar aktif saat usia dini dan salah satu aspek perkembangan yang mendasari proses belajar adalah perkembangan kognitif. Pembelajaran pada anak yang berpotensi untuk mengembangkan aspek kognitif yaitu sains atau pembelajaran tentang alam. Satu diantara beberapa tema pembelajaran pada anak usia dini di TK yang dapat mengakomodasi perkembangan kognitif yang diajarkan dengan metode edutainment yaitu gejala alam.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...