Natural Science Education Research (NSER)
Vol 2, No 2 (2019): Natural Science Education Research

UJI KELAYAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS POWERPOINT DISERTAI PERMAINAN JEOPARDY TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA

Wardatul Mawaddah (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, 69162, Indonesia)
Mochammad Ahied (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, 69162, Indonesia)
Wiwin Puspita Hadi (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, 69162, Indonesia)
Ana Yuniasti Retno Wulandari (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura, Bangkalan, 69162, Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan produk, dan motivasi belajar siswa terhadap multimedia interaktif berbasis Powerpoint disertai permainan Jeopardy. Dilaksanakan di SMP Negeri 2 Manyar Tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VII-C dengan teknik pengambilan random sampling. Kelayakan produk ditunjukkan dari aspek media dan aspek materi yang memberikan rata-rata 92,42% dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran yang dikembangkan mampu memberikan pengaruh motivasi belajar yang sangat baik dengan nilai 81,83%. Berdasrkan hasil tersebut menunjukkan adanya pengaruh positif antara multimedia interaktif berbasis Powerpoint disertai permainan Jeopardy terhadap motivasi belajar siswa. 

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...