Natural Science Education Research (NSER)
Vol 1, No 1 (2018): Natural Science Education Research

PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM PADA MATERI TEKANAN

Sugianto, Sandra Devi (Unknown)
Ahied, Mochammad (Unknown)
Hadi, Wiwin Puspita (Unknown)
Wulandari, Ana Yuniasti Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2018

Abstract

Tujuan pengembangan ini adalah mengetahui kelayakan, respon, dan keterbacaan terhadap modul IPA berbasis proyek terintegrasi STEM pada materi tekanan. Pengembangan menggunakan model ADDIE. Penelitian dilaksanakan di SMPN 8 Pamekasan di kelas VIII A tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) hasil rata-rata penilaian uji kelayakan aspek materiĀ  adalah validitas 87,7% dengan kategori sangat valid, reliabilitas 97,19% dengan kategori sangat baik dan aspek media adalah validitas 93,8% dengan kategori sangat valid, reliabilitas 95,5% dengan kategori sangat baik. (2) Hasil rata-rata penilaian keterbacaan modul sebesar 80,67% dengan kategori terbaca dengan sangat baik. (3) Hasil rata-rata penilaian respon siswa terhadap modul sebesar 84,73% dengan kategori sangat baik. Modul IPA berbasis proyek terintegrasi STEM pada materi tekanan dinyatakan layak.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...