Natural Science Education Research (NSER)
Vol 2, No 3 (2020): Natural Science Education Research

PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS GREEN CHEMISTRY TERHADAP KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA

Mufida Aulia (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura , Bangkalan, 69162, Indonesia)
Mochammad Ahied (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura , Bangkalan, 69162, Indonesia)
Wiwin Puspita Hadi (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura , Bangkalan, 69162, Indonesia)
Laila Khamsatul Muharrami (Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura , Bangkalan, 69162, Indonesia)



Article Info

Publish Date
10 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter peduli lingkungan siswa terhadap penggunaan pendekatan contextual teaching and learning berbasis green chemistry. Penelitian ini dilaksanakan di MTS Al-Huda Larangan Pamekasan tahun ajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan pre-experimental designs dengan desain penelitian one-shot case study. Pengumpulan data menggunakan angket self assessment, peer assessment, teacher observation. Hasil analisis data karakter peduli lingkungan pada angket self assessment diperoleh rata-rata 65% dengan kriteria baik dan peer assessment diperoleh rata-rata 63,4% dengan kriteria baik, sedangkan pada penilaian teacher observation diperoleh rata-rata 97% termasuk ke dalam kategori sangat baik.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

nser

Publisher

Subject

Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Physics

Description

Natural Science Education Research atau NSER adalah sarana publikasi ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan IPA, Universitas Trunojoyo Madura. Publikasi yang meliputi artikel ilmiah hasil dari penelitian. NSER tebit 3 kali dalam satu tahun yang meliputi: 1) NSER Jorrnal yang terbit pada ...