Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan komunikasi dan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model AIR dengan teknik probing prompting. Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian eksperimen dengan desain quasi experimental design. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 3 Bojonegoro di kelas VII C dan VII F Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Keterampilan komunikasi setelah diterapkan model AIR dengan teknik probing prompting rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 48,101% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42,893%. 2) Pemahaman konsep setelah diterapkan model AIR dengan teknik probing prompting rata-rata persentase pada kelas eksperimen sebesar 57,844% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 46,668%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2019