Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui pemahaman konsep peserta didik hususnya miskonsepsi yang dialami pada materi IPA konsep Tekanan Zat. Penelitian menggunakan desain penelitian campuran (mixed design) yang bersifat dominant-less dominant. Tempat dilaksanakannya penelitian yaitu di Kabupaten Bangkalan dengan terdapat 24 peserta didik kelas VIII SMP dari beberapa sekolah SMP tahun pelajaran 2019/2020 sebagai populasinya. Purposive sampling merupakan salah satu teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, dokumentasi, observasi, serta wawancara. Berdasarkan perolehan hasil penelitian diketahui bahwa persentase pemahaman konsep kategori miskonsepsi peserta didik pada konsep tekanan zat adalah sebanyak 43,125 %. Sementara itu, diketahui juga persentase miskonsepsi peserta didik kategori tinggi yaitu sebanyak 25 %, kategori sedang yaitu sebanyak 62,5 %, serta kategori rendah sebanyak 12,5 %. Melalui hasil tersebut, diketahui bahwa miskonsepsi dialami oleh peserta didik pada materi IPA konsep Tekanan Zat serta terdapat faktor-faktor penyebab miskonsepsi peserta didik yaitu minat belajar, konsep awal (prakonsepsi) dan intuisi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021