Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 10, No 1 (2022): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN SEKECAMATAN BULUSPESANTREN TAHUN AJARAN 2020/2021

Aliffah Aliffah (Unknown)
Tri Saptuti Susiani (Unknown)
Rokhmaniyah Rokhmaniyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Hasil belajar adalah kecakapan atau kemampuan yang didapatkan dari pengalaman belajar siswa, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang diukur melalui tes maupun nontes dan hasilnya dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor eksternal dalam pemerolehan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya pengaruh positif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) menganalisis besarnya sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana, uji t dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika denganĀ  nilai r hitung (0,509) > r tabel (0,123) dan persamaan regresi Y = -42,918 + 1,229X serta nilai thitung (9,432) > ttabel (1,969), (2) Perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 25,9% terhadap hasil belajar matematika.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...