Hasil belajar adalah kecakapan atau kemampuan yang didapatkan dari pengalaman belajar siswa, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotor yang diukur melalui tes maupun nontes dan hasilnya dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor eksternal dalam pemerolehan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya pengaruh positif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) menganalisis besarnya sumbangan efektif perhatian orang tua terhadap hasil belajar matematika siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei serta menggunakan analisis korelasi, regresi sederhana, uji t dan sumbangan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) perhatian orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika denganĀ nilai r hitung (0,509) > r tabel (0,123) dan persamaan regresi Y = -42,918 + 1,229X serta nilai thitung (9,432) > ttabel (1,969), (2) Perhatian orang tua memberikan sumbangan efektif sebesar 25,9% terhadap hasil belajar matematika.
Copyrights © 2022