Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

UPAYA MENINGKATKAN KELINCAHAN DAN KECEPAAN DALAM BERMAIN SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS IV SD GMIM RITEY

Assa, Yody (Unknown)
Mautang, Theo (Unknown)
Lengkong, Jan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Masalah dalam penelitian ini  adalah sebagian siswa kurang memahami dalam pembelajaran, siswa kurang berminat pada materi pelajaran, siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, kesempatan bertanya yang diberikan oleh guru tidak dimanfaatkan siswa, metode yang digunakan tidak membuat siswa untuk belajar memahami secara langsung, dalam penyampaian materi pembelajaran guru tidak menggunakan pendekatan keterampilan yang tepat. Hipotesis penelitian : Terdapat peningkatan belajar setelah menggunakan pendekatan pembelajaran drill dan bermain. Metode Penelitian : Metode pendekatan pembelajaran drill, bermain dan demonstrasi. Populasi adalah ; seluruh siswa kelas IV SD GMIM Ritey. Instrumen Pengumpulan Data : tes kemampuan kelincahan dan kecepatan dalam bermain sepak bola. Pengujian hipotesis dengan menggunakan siklus belajar dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Hasil analisis hipotesis diperoleh hasil evaluasi pada pelajaran Penjas tentang upaya meningkatkan kelincahan dan kecepatan dalam metode bermain pada siswa kelas IV SD GMIM Ritey yang jumlah siswanya 24 orang diperoleh data sebagai berikut : Siklus II siswa yang memperoleh nilai 7 keatas adalah 24 orang dengan nilai rata-rata kelas 8,74 atau 89,74 %. Kesimpulan penelitian : Perhatian siswa akan terfokus pada pelajaran jika guru menyajikannya menggunakan pendekatan yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari nilai-nilai rata-rata tes formatif, pada mata pelajaran Penjas di kelas IV SD GMIM Ritey diperoleh pra siklus 6.00, siklus I 6.70 dan siklus II 8,74 terlihat ada peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya. Kata Kunci : Upaya  Meningkatkan Kelincahan dan Kecepatan  Dalam  Bermain Sepak Bola

Copyrights © 2014