Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

PENERAPAN MODEL PEMEBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN KELAS VI SDN INPRES SULUUN SATU

Kowal, Ober Maxi (Unknown)
Mautang, Theo (Unknown)
Lengkong, Jan (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui akan kurangnya minat siswa Kelas VI SDN INPRES Suluun Satu pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan. Dengan penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching di harapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan memotivasi, menumbuhkan minat belajar agar dapat bermanfaat bagi dirinya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan Dua Siklus. Hasil Siklus Pertama adalah 8 orang (44,45 %). Karena kritera ketuntasan adalah 75 %. Oleh sebab itu berdasarkan hasil analisis dan evaluasi terhadap penelitian Siklus Pertama maka perlu dilakukan pembelajaran Siklus Kedua dengan mengikuti langkah-langkah pada Siklus Pertama. Dengan Kompetensi Dasar mengindetifikasi anggota tubuh yang perlu dilatih untuk memperbaiki postur. Setelah melihat hasil evaluasi kelas VI jumlah 18 orang siswa, pada putaran II ini memperoleh peningkatan dengan nilai rata-rata yang diperoleh adalah 82,11. Berdasarkan hasil putaran 11 tersebut, bahwa nampak kelompok yang mendapat nilai lebih besar sebanayak 18 siswa (88,88%). Berdasarkan kriteria keberhasilan penelitian yang di terapkan diatas apabila 85 % dari jumlah siswa yang mengikuti kegiatan pembelajaran telah mendapati nilai lebih besar 75 maka secara kelompok telah mencapai ketuntasan belajar. Akhirnya penulis mengharapkan hasil penelitian ini bermanfaat bagi Guru, Siswa, Rekan Guru maupun bagi Sekolah. Kata Kunci : Quantum Teaching, Hasil Belajar Siswa, Penjasorkes

Copyrights © 2014