Masalah dalam penelitian ini adalah sebagian siswa kurang konsentrasi dalam pembelajaran, siswa kurang berminat pada materi pelajaran, siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan guru, kesempatan bertanya yang diberikan oleh guru tidak dimanfaatkan siswa, metode yang digunakan tidak membuat siswa untuk belajar memahami secara langsung, dalam penyampaian materi pembelajaran guru tidak menggunakan pendekatan keterampilan yang tepat. Hipotesis peneilitian : terdapat peningkatan belajar setelah menggunakan pendekatan pembelajaran Drill dan bermain. Metode penelitian : Metode pendekatan pembelajaran Drill dan bermain demonstrasi. Populasi adalah : seluruh siswa kelas IV SD Inpres Rap-Rap, Instrumen Pengumpulan data : Tes kemampuan servis atas dalam permainan bola voli, Pengujian hipotesis dengan menggunakan siklus belajar dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran. Hasil analisis hipotesis diperoleh Hasil evaluasi pada pelajaran Penjas tentang servis atas permainan bola voli di kelas IV yang jumlah siswanya 18 orang diperoleh data sebagai berikut : Siklus II siswa yang memperoleh nilai 7 ke atas ada 18 orang dengan rata-rata kelas 8,22 atau 8,2 %. Kesimpulan penelitian: perhatian siswa akan terfokus pada pelajaran jika guru menyajikannya menggunakan pendekatan yang sesuai dapat meningkatkan hasil belajar dan aktifitas belajar siswa, hal ini dibuktikan dari rata-rata tes formatif, pada mata pelajaran Penjas di kelas IV SD Inpres Rap-Rap di peroleh nilai pra siklus 5,33, siklus I 6.00 dan siklus II 8,22, terlihat pada peningkatan yang signifikan dari setiap siklusnya. Berdasarkan penggunaan pendekatan pembelajaran drill dan bermain dalam pembelajaran Penjas di sekolah dasar dapat merangsang siswa untuk memahami dan menemukan pemecahan masalah yang ditemuinya selama proses pembelajaran, menemukan ide dan gagasan barn dalam memodifikasi keadaan yang disaksikan langsung, menumbuhkan sifat kritis yang dinyatakan dalam wujud kemauan bertanya dan mengemukakan pendapat serta melatih ketrampilan siswa dalam mengkomunikasikan hasil suatu kegiatan baik secara lisan, tertulis maupun praktek. Dengan kata lain, penggunaan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan karakter dalam pembelajaran lebih meningkatkan kemampuan pemahaman siswa dan mengefektifkan pencapaian tujuan, baik tujuan secara umum maupun khusus. Kata Kunci : Belajar Servis Atas, Pendekatan Drill Dan Bermain, Penjas
Copyrights © 2014