Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah gaya mengajar resiprokal memberi pengaruh terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan.                                                                                                                        Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah penerapan gaya mengajar resiprokal dapat memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan ajaran 2013 /2014.                                            Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen. Sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol jadi masing-masing kelompok tediri dari 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: penilaian psikomotor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test post test randomized two group design. Data yang diperoleh diuji dengan statistik uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: th (3,38  tt (1,73). Jadi penelitian ini menunjukan bahwa gaya mengajar resiprokal meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan.                                     Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Penerapan gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan tahun ajaran 2013 / 2014. Kata kunci: Gaya Mengajar Resiprokal, Lompat Jauh Jongkok
Copyrights © 2014