Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 1 (2014): Ilmu Keolahragaan

PENGARUH PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL TERHADAP HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 LANGOWAN

Karaeng, Mikael T. (Unknown)
Mandagi, Hendrik (Unknown)
Lolowang, Djajaty (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Sep 2014

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah gaya  mengajar resiprokal memberi pengaruh terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan.                                                                                                                          Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji apakah penerapan gaya mengajar resiprokal dapat memberi pengaruh positif terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan ajaran 2013 /2014.                                             Metode penelitian yang digunakan adalah metode Eksperimen. Sampel yang digunakan berjumlah 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol jadi masing-masing kelompok tediri dari 10 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah: penilaian psikomotor. Rancangan penelitian yang digunakan adalah pre test post test randomized two group design. Data yang diperoleh diuji dengan statistik uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa: th (3,38  tt (1,73). Jadi penelitian ini menunjukan bahwa gaya mengajar resiprokal meningkatkan hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan.                                      Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: Penerapan gaya mengajar resiprokal memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Langowan tahun ajaran 2013 / 2014. Kata kunci: Gaya Mengajar Resiprokal, Lompat Jauh Jongkok

Copyrights © 2014