Jurnal Vini Vidi Vici
Vol 2, No 2 (2014): Ilmu Keolahragaan

USAHA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GULING BELAKANG DENGAN MENGGUNAKAN MODIFIKASI ALAT BANTU PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI BORATEI TAHUN 2014

Sarwa, Anike (Unknown)
Mautang, Theo (Unknown)
Podung, Beatrix J. (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Sep 2014

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan alat/media bantu yang dimodifikasi dapat meningkatkan keterampilan guling belakang pada siswa kelas IV SD Negeri Boratei ? Apakan siswa mampu melakukan guling belakang dengan sempurna setelah menggunakan alat/media bantu yang dimodifikasi ?. Dimana didalam Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan nilai rata-rata 70, maka diharapkan  siswa mampu untuk dapat melakukan aktifitas guling belakang hingga dapat memperoleh keberhasilan ketuntasan belajar siswa minimal 75% dari seluruh siswa. Tujuan yang ingin dicapai dalam Penelitian Tindakan Kelas ini yaitu : Ingin mengetahui seberapa besar target keberhasilan siswa-siswi dalam melakukan gerakan guling belakang dengan menggunakan alat/media bantu yang di modifikasi pada siswa kelas IV SD Negeri Boratei. Subjek Penelitian adalah siswa-siswa kelas IV SD Negeri Boratei yang berjumlah 12 siswa,yang terdiri dari jenis laki-laki 5 orang dan perempuan berjumlah 7 orang siswa.Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) ini dilakukan pada bulan Agustus minggu III sampai bulan September minggu  II oleh siswa kelas IV SD Negeri Boratei semester I tahun Pelajaran 2014-2015. Prosedur pelaksanan penilaian meliputi perencanaan, kegiatan, observasi dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus atau putaran. Berdasarkan  hasil  observasi dan evaluasi, maka dikemukakan dan dibuat laporan tentang hasil refleksi dan perubahan yang terjadi setelah melewati siklus-siklus yang di lakukan. Dengan  adanya  perubahan  metode dari metode yang lama dan sering digunakan guru peneliti yaitu ceramah dan demonstrasi divariasikan dengan metode pemberian tugas dengan cara pemberian  bagian-bagian  permasalahan  materi yang diberikan,  maka dari segi perhatian siswa dan keseriusan siswa ternyata baik dan mereka sangat bersemangat mengikuti proses belajar  mengajar. Namun hal ini belum berlaku pada aspek; tanggapan, kreativitas, keaktivan, kerajinan, keberanian dan penguasaan materi. Hasil belajar  yang diperoleh ini  menunjukkan telah tejadi perubahan  dari hasil yang diperoleh sebelum dilakukan tindakan kelas. Dimana sebelumnya nilai rata-rata 5,97. Dengan demikian  terjadi peningkatan  sebesar  rata-rata 1,22. Hal ini cukup menggembirakan. Sebagai guru pendidikan jasmani tentunya belum begitu puas dengan nilai yang diperoleh sehingga perlu lagi  dilanjutkan dengan melakukan tindakan  kelas sehingga lebih meningkatkan lagi pada hasil belajar dengan nilai-nilai yang lebih tinggi Kata Kunci : Keterampilan Guling Belakang, Modifikasi, Alat Bantu

Copyrights © 2014