JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Studi Deskriptif Efektivitas Penerapan Metode “Mama Papa” pada Pengenalan Huruf Hijaiyah di Mi Sirojul Falah 2 Gunung Putri Bogor

Sifa Fauziah (Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Salati Asmahasanah (Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor)
Suhendra Suhendra (Fakultas Agama Islam, Universitas Ibn Khaldun Bogor)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Metode memiliki peran penting dalam pembelajaran, yaitu sebagai alat untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran. Metode juga digunakan untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran agar pembelajaran menjadi efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara penerapan dan efektivitas metode “Mama Papa” pada pengenalan huruf hijaiyah di MI. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian berlokasi di MI Sirojul Falah 2, yang dilakukan di kelas I MI. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengenalan huruf hijaiyah menggunakan metode “Mama Papa” berjalan dengan baik dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...