Metode memiliki peran penting dalam pembelajaran, yaitu sebagai alat untuk menciptakan sebuah proses pembelajaran. Metode juga digunakan untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran agar pembelajaran menjadi efektif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan cara penerapan dan efektivitas metode “Mama Papa” pada pengenalan huruf hijaiyah di MI. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang digunakan yaitu studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penggunaan analisis data dilakukan dengan menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data dan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian berlokasi di MI Sirojul Falah 2, yang dilakukan di kelas I MI. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengenalan huruf hijaiyah menggunakan metode “Mama Papa” berjalan dengan baik dan efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022