JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Self Disclosure Remaja di Kp. Pisang Jorong IV Koto Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Sintia Masril (Program Studi Bimbingan Konseling, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)
Budi Santosa (Program Studi Bimbingan Konseling, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
28 Jul 2022

Abstract

Skripsi ini berisi pembahasan tentang gambaran self disclosure remaja sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok mendeskripsikan gambaran self disclosure remaja sesudah diberikan bimbingan kelompok, mengetahui apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap self disclosure remaja di kp.pisang jorong IV koto kecamatan kinali kabupaten pasaman barat. Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa self disclosure remaja sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok berada dikategori rendah dan sedang dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan sedang dan tinggi, dimana sebelum di berikan layanan bimbingan kelompok remaja yang masuk kedalam kategori sedang 70% dan yang masuk ke dalam kategori rendah 30% dan setelah di berikan layanan bimbingan kelompok self disclosure remaja meningkat menjadi 60% pada kategori sedang dan 40% pada kategori tinggi maka dapat dikatakan adanya perbedaan pretest dan posttest. Jadi dapat disimpulkan layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap self disclosure remaja yang dilihat dari analisis data dengan mengunakan uji Wilcoxon, bahwa sig p value 0,005 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...