JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Program Penguatan Pendidikan Karakter pada Sekolah Boarding (Studi Multikasus di MA Al-Huda Gorontalo)

Annisa Nuraisyah Annas (Universitas Muhammadiyah Gorontalo)
Ansar Ansar (Universitas Negeri Gorontalo)
Arwildayanto Arwildayanto (Universitas Negeri Gorontalo)
Sitti Roskina Mas (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini mengkaji dan menganalissis tentang penguatan pendidikan karakter pada pada sekolah boarding dengan tujuan melihat model perencanaan, pelaksanaan serta pengawasan pada sekolah boarding dalam program penguatan pendidkan karakter peserta didik. Riset ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan rancangan miltikasus. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta observasi. Data yang terkumpul dianalisis untuk mengetahui penguatan pendidikan karakter yang di laksanakan di MA Al-Huda sebagai sekolah boarding. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model perencanaan pendidikan karakter dengan model sistemik-integratif, pelaksanaannya dengan habituasi, integrasi dan role model serta sistem pengawasan melaui manajemen kontrol internal dan tentunya model sekolah boarding menjadi sarana utama dalam program penguatan pendidikan karakter.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...