JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 6 No. 2 (2022): Agustus 2022

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Shaping untuk Meningkatkan Disiplin Belajar pada Siswa Kelas XI IPS di SMA N 8 Muaro Jambi

Desy Gita Natalia Damanik (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas)
Nelyahardi Gutji (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jambi)
Fellicia Ayu Sekonda (Program Studi Bimbingan Konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakai oleh masalah yang di temukan di lapangan yaitu di SMA N 8 Muaro Jambi yang mana siswa nya memiliki sikap tidak disiplin dalam belajar yang mana penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknik shaping dalam meningkatkan disiplin belajar sebelum diberikan perlakuan (treatment) dan setelah diberikan perlakuan (treatment) pada saat post-test. Disiplin Belajar dalam penelitian ini dibatasi pada disiplin belajar sering melakukan tindak disiplin yang tidak baik, seperti di keluarga(rumah), sekolah dan juga masyarakat, dan teknik yang digunakan yaitu teknik shaping. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dan desain yang digunakan adalah Quasi Eksperimen Design, bentuk desain Quasi Eksperimen yang dipilih adalah Nonequivalent Control Group Design, yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS dengan jumlah 10 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan 10 orang siswa sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian ini menunjukan perbedaan pemahaman disiplin belajar dengan nilai rata-rata sebesar 73.70 untuk kelas eksperiment dan 75.70 untuk kelas kontrol. Hal ini bersamaan dengan nilai hasil uji beda (t), dari perhitungan diatas didapatkan thitung= 176 sedangkan ttabel= 2.101 . Sehingga bila dimasukkan rumus hipotesis thitung <ttabel, sehingga Ho diterima dan Ha ditolak, berarti tidak ada pengaruh yang signifikan antara masing-masing variabel independen dan variabel dependen. Kesimpulannya adalah terdapat peningkatan hasil treatment antara siswa eksperimen dengan siswa kontrol dengan menggunakan teknik shaping dilihat berdasarkan hasil nilai rata-rata. Dari hasil penelitian merekomendasikan teknik shaping digunakan karna dapat meningkatkan pemahaman siswa, sebaiknya dijadikan sebagai salah satu alternatif teknik yang digunakan dalam meningkatkan disiplin belajar siswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...