Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 1 (2022): 1 Januari - 30 Juni 2022 (In Press)

Gaya Kepemimpinan Bupati Mahasiswa Pada Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau

Tika Dwi Pratiwi (Universitas Riau)
Titi Maemunaty (Universitas Riau)
Said Suhil Achmad (Universitas Riau)
Aswandi Bahar (Universitas Riau)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya kepemimpinan Bupati Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini berjumlah 7 orang, yang terdiri dari Ketua masing-masing Divisi yang ada di Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Masyarakat FKIP Universitas Riau. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis dalam penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan otokratis ditunjukkan dengan pemimpin yang memaksakan kehendak, memutuskan peraturan secara ketat/jelas, memutuskan secara sepihak, menuntut ketaatan penuh, dan tidak memberikan kesempatan berdialog (menerapkan komunikasi satu arah). Gaya kepemimpinan demokratis ditunjukkan dengan sikap pemimpin yang memberikan peraturan yang jelas, menuntut memenuhi peraturan, menerapkan peraturan melalui pemahaman, memberikan kesempatan untuk berpikir, dan mengajak berdialog. Gaya kepemimpinan laissez-faire ditunjukkan dengan sikap seorang pemimpin yang memberikan kebebasan yang tidak jelas, kurang memberikan kontrol, hanya sedikit memberikan bimbingan, lebih banyak membiarkan, dan kurang memberikan nasehat. Dari ketiga gaya kepemimpinan tersebut, gaya kepemimpinan yang terlihat dalam penelitian ini adalah gaya kepemimpinan demokratis, sedangkan gaya kepemimpinan otokratis dan gaya kepemimpinan bebas (laissez faire) tidak terlihat pada hasil penelitian ini.Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Bupati Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa AbstractThis research aims to describe the leadership style of the Regent of the Student Education Study Program of the FKIP University of Riau. This research method is descriptive qualitative research. There were 7 informants in this study, consisting of the Head of each Division in the Student Association of the Community Education Study Program, FKIP University of Riau. Data collection techniques using observation, interviews and documentation. While the analysis in this study includes data reduction, data presentation, conclusion drawing, and triangulation. The results show that the autocratic leadership style is indicated by leaders who impose their will, decide rules strictly/clearly, decide unilaterally, demand full obedience, and do not provide opportunities for dialogue (implementing one-way communication). The democratic leadership style is indicated by the attitude of the leader who provides clear rules, demands to comply with the rules, applies the rules through understanding, provides opportunities for thinking, and invites dialogue. The laissez-faire leadership style is indicated by the attitude of a leader who gives unclear freedom, gives less control, provides little guidance, allows more, and provides less advice. Of the three leadership styles, the leadership style seen in this study is a democratic leadership style, while the autocratic leadership style and the free leadership style (laissez faire) are not seen in the results of this research.Keywords: Leadership Style, Student Regent, Student Association

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...