Jurnal Kewarganegaraan
Vol 6 No 3 (2022): October 2022

Pengaruh Pendidikan Awal Melalui Kelompok Bermain Terhadap Kemandirian Belajar Anak di Taman Kanak-Kanak Tunas Cita Tahun 2022

Kuswardani, Herini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2022

Abstract

AbstrakKesadaran orang tua dalam memberikan layanan pendidikan anak sejak usia dini dewasa ini  sangat minim, hal ini dapat dilihat dari persepsi orang tua bahwa memasukkan anak dalam Kelompok Bermain hanya buang-buang waktu dan mereka khawatir anak akan merasa bosan. Penelitian ini dilakukan untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diangkat yakni seberapa besar pengaruh pendidikan awal melalui Kelompok Bermain terhadap kemandirian belajar anak Taman Kanak – kanak di TK Tunas Cita Sidoarjo. Sebuah penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk  mengetahui  pengaruh yang berarti antara kemandirian belajar anak TK yang  mengawali pendidikan usia dininya melalui Kelompok Bermain dengan kemandirian belajar anak TK yang tidak diawali melalui Kelompok Bermain di Taman Kanak-kanak Tunas Cita Sidoarjo. Sampel penelitian berjumlah 88siswa dengan tehnik Proporsional Random Sampling. Pengumpulan data  dengan studi dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul dianalisa dengan menggunakan teknik analisis Uji t. Hasil analisis uji-t menunjukkan nilai t-Test  ( ) adalah 4,33  dan nilai t teoritik ( ) db = N – 2 = 44 – 2 = 42. Pada table nilai t dengan db sebesar 42 tidak ada, maka dicari db yang terdekat yaitu db = 40. Pada taraf signifikan 5.% didapat nilai t teoritik adalah 2,021dan pada taraf signifikan 1% didapat nilai t teoritik adalah 2,704. Dari nilai t ini dapat dituliskan bahwa: (4,33) (5%=  2,021) dan  (4,33)  > (1% = 2,704). Berdasarkan hasil analisis diatas hipotesa nihil yang berbunyi “tidak ada pengaruh kelompok bermain terhadap  kemandirian belajar anak Taman Kanak-kanak di Taman Kanak-kanak Tunas Cita Sidoarjo” di tolak dan hipotesa alternative diterima.. Berdasarkan hasil pengujian hipotesa dan interpretasi hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa anak Taman Kanak-kanak yang mengawali pendidikan usia dininya melalui( lulusan ) Kelompok Bermain lebih mandiri dalam belajar dari pada anak Taman Kanak-kanak yang mengawali pendidikan usia dininya tidak melalui (lulusan ) Kelompok Bermain di Taman Kanak-Kanak Tunas Cita Sidoarjo.Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Kelompok Bermain, Taman kanak-kanak

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pkn

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Kewarganegaraan is published 2 times in 1 year in June and December. The scope of the article includes: 1. Pancasila Education 2. Citizenship Education 3. Social Sciences 4. Politic 5. ...