Rumusan masalah penelitian adalah apakah terdapat pengaruh penerapan umpan balik langsung terhadap hasil belajar keterampilan servis panjang dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Kristen Tomohon? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan umpan balik langsung terhadap hasil belajar keterampilan servis panjang dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Kristen Tomohon Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas VIII SMP  Kristen Tomohon dengan Populasi 102 siswa. teknik pengambilan sampel dari populasi homogen yang ditarik secara acak yang berjumlah 20 siswa kemudian sampel dibagi dalam dua kelompok yakni kelompok eksperimen berjumlah 10 siswa dan kelompok kontrol berjumlah 10 siswa. Instrumen penelitian adalah tes servis panjang dalam permainan bulutangkis. Hasil analisis pengujian hipotesa penelitian, diperoleh thitung senilai 3.699, Berdasarkan tabel distribusi t pada  0,05 dengan derajat kebebasan n1 + n2 â 2 =10 + 10 â 2 = 18 maka diperoleh ttabel senilai 2.101. Jadi thitung lebih besar dari ttabel, yaitu thitung = 3.699  ttabel = 2.101. Berdasarkan kriteria pengujian jika thitung lebih besar dari ttabel (thitung hitung ) maka Ho ditolak yang berarti HA diterima. Kesimpulan penelitian adalah umpan balik langsung memberi pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar keterampilan servis panjang dalam permainan bulutangkis pada siswa SMP Kristen Tomohon. Kata Kunci: Umpan Balik Langsung, Servis Panjang, Permainan Bulutangkis
Copyrights © 2015