Jurnal Life Science
Vol 1, No 2 (2019)

Penerapan Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing dalam Meningkatkan Kemampuan Graphing Skills Siswa SMA pada Materi Pencemaran Lingkungan

Indra Dodo Saputra, M.Pd (Program Studi Pendidikan Biologi IPI Garut)



Article Info

Publish Date
20 Jan 2020

Abstract

Abstrak:Penelitian ini bertujuan  untuk menganalisis peningkatan kemampuan graphing skills siswa SMA  melalui penerapan model  pembelajaran  inquiri terbimbing  pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain The Matching-Only Pretest-Posttest Control Group Design yang dilaksanakan di salah  satu  SMA negeri di kota Bandung, Jawa Barat, kelas X tahun pelajaran 2018/2019. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pretes dan postes kemampuan graphing  skills  dalam bentuk soal uraian, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta angket tanggapan guru dan siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model inquiri terbimbing  berjalan sesuai dengan tahapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, terdapat peningkatan kemampuan graphing skills siswa dengan model pembelajaran inquiri terbimbing  ditunjukkan oleh rata-rata N-Gain yang diperoleh yaitu 0,60. Indikator-indikator pada setiap kemampuan graphing  skills yang meliputi kemampuan interpretasi, representasi, dan analisis data, peserta didik mengalami peningkatan dalam kategori sedang, dengan rata-rata nilai N-Gain 0,52. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pembelajaran dengan model inquiri terbimbing pada umumnya baik dan positif.Kata kunci : kemampuan graphing skills,  model inquiri terbimbing, pencemaran lingkungan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LSciences

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Life Science (JLS) adalah jurnal yang menerbitkan dan mempromosikan penelitian pendidikan sains ilmiah. Jurnal ini mengkaji pendidikan dasar, menengah, tinggi, dan informal yang berkaitan dengan pendidikan sains. Dalam menerbitkan artikel ilmiah, JLS mencari artikulasi prinsip dan praktik ...