Jurnal Life Science
Vol 1, No 1 (2019)

ANALISIS TENTANG GAYA BELAJAR SISWA BERDASARKAN VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MAN 1 GARUT

Leni Sri Mulyani (Program Studi Pendidikan Biologi, IPI Garut)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2019

Abstract

ABSTRAKKeberhasilan belajar bisa dilihat dari aspek proses belajar  baik di sekolah maupun di rumah  salah satunya dapat dilihat dari learning style (LS) atau gaya belajar, sampai saat ini masih kita temukan fakta bahwa   pada setiap jenjang pendidikan di sekolah  masih banyak ditemukan hasil belajar yang belum mencapai ketuntasan minimal, terutama pada jenjang sekolah tingkat atas, dimana secara psikologi siswa usia SMA sudah menemukan model gaya belajar seperti apa yang bisa meningkatkan prestasinya, dalam penelitian ini, akan dianalisis urutan mengenai gaya belajar. Gaya belajar yang tidak sesuai dengan kondisi siswa berdampak pada tingkat pemahaman mata pelajaran yang rendah. Dalam  Penelitian ini mengambil judul “Analisis Gaya Belajar Siswa  Berdasarkan Kriteria VAK (Visual, Auditori, dan Kinestetik ) Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 GARUT”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gaya belajar siswa berdasarkan kriteria VAK. Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Gaya Belajar Siswa  Berdasarkan Kriteria VAK (Visual, Auditori, Dan Kinestetik ) Pada Mata Pelajaran Biologi di MAN 1 Garut”. Penelitian ini dilakukan di MAN 1 Kabupaten Garut, Jawa Barat dan dilaksanakan pada bulan April – Mei 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantatif. Jumlah sampel yang diamati dalam penelitian ini adalah Kelas XI IPA MAN I dengan jumlah siswa sebanyak 150 siswa.. Hasil penelitian gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 1 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 85,0%  responden adalah auditorial dengan kategori sangat  tinggi  dan sebanyak 2,5% kinestetik dengan kategori sangat rendah, dan visual  sebanyak 12,5% kategori sangat rendah.  Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA2 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 84,6% responden adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 12,8% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 2,6% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas X IPA 3 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 77,8% adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,9% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 8,3% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA 4 di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 80,6% responden adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,9% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 5,6% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Gaya belajar secara umum pada mata pelajaran Biologi Kelas XI IPA di MAN I Garut tahun 2018 sebanyak 82,0% adalah auditorial dengan kategori tinggi, sebanyak 13,3% visual dengan kategori sangat rendah dan sebanyak 4,7% kinestetik dengan kategori sangat rendah. Kata Kunci  : Gaya Belajar , VAK ( Visual, Audio, Kinestetik)

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

LSciences

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Life Science (JLS) adalah jurnal yang menerbitkan dan mempromosikan penelitian pendidikan sains ilmiah. Jurnal ini mengkaji pendidikan dasar, menengah, tinggi, dan informal yang berkaitan dengan pendidikan sains. Dalam menerbitkan artikel ilmiah, JLS mencari artikulasi prinsip dan praktik ...